RENCANA ALLAH PASTI INDAH




Ketika aku masih kecil, waktu itu ibuku sedang
menyulam sehelai kain. Aku yang sedang bermain di
lantai, melihat ke atas dan bertanya, apa yang ia
lakukan. Ia menerangkan bahwa ia sedang menyulam
sesuatu di atas sehelaikain. Tetapi aku memberitahu
kepadanya, bahwa yang kulihat dari bawah adalah
benang ruwet. Ibu dengan tersenyum memandangiku dan
berkata dengan lembut:
"Anakku,lanjutkanlah permainanmu, sementara ibu
menyelesaikan sulaman ini; nanti setelah selesai,
kamu akan kupanggil dan kududukkan di atas pangkuan
ibu dan kamu dapat melihat sulaman ini dari atas.
"Aku heran, mengapa ibu menggunakan benang hitam dan
putih, begitu Semrawut menurut pandanganku. Beberapa
saat kemudian, aku mendengar suara ibu memanggil, "
Anakku, mari kesini, dan duduklah di pangkuan ibu. "
Waktu aku lakukan itu, aku heran dan kagum melihat
bunga-bunga yang indah,dengan latar belakang
pemandangan matahari yang sedang terbit, sungguh
indah sekali. Aku hampir tidak percaya melihatnya,
karena dari bawah yang aku lihat hanyalah benang-
benang yang ruwet. Kemudian ibu berkata,"Anakku,
dari bawah memang nampak ruwet dan kacau,tetapi
engkau tidak menyadari bahwa di atas kain ini
sudah ada gambar yang direncanakan, sebuah pola, ibu
hanya mengikutinya. Sekarang, dengan melihatnya dari
atas kamu dapat melihat keindahan dari apa yang ibu
lakukan. Sering selama bertahun-tahun, aku melihat
ke atas dan bertanya kepada Allah, "Allah, apa yang
Engkau lakukan?" Ia menjawab : " Aku sedang menyulam
kehidupanmu." Dan aku membantah," Tetapi nampaknya
hidup ini ruwet, benang-benangnya banyak yang hitam,
mengapa tidak semuanya memakai warna yang cerah?
"Kemudian Allah menjawab," Hambaku, kamu teruskan
pekerjaanmu, dan Aku juga menyelesaikan pekerjaanKu
dibumi ini. Satu saat nanti Aku akan memanggilmu ke
sorga dan mendudukkan kamu di pangkuanKu, dan kamu
akan melihat rencanaKu yang indah dari sisiKu.
"Subhanallah...
Beruntunglah orang2 yang mampu menjaring ayat indah
Allah dari keruwetan hidup di dunia ini.
Semoga Allah berkenan menumbuhkan kesabaran dan mewariskan
kearifan dalam hati hamba-Nya agar dapat memaknai
kejadian2 dalam perjalanan hidupnya, seruwet apapun
itu. Amin.
Subhanallah, tulisan ini benar-benar membuka pikiran
kita bahwa Allah adalah Dzat Yang maha pengatur
segala sesuatu di alam ini. Tulisan ini mengingatkan
saya bahwa kendati pun manusia punya keinginan,
tetapi Allah mempunyai keputusan yang tak mungkin
dapat kita ubah. mari kita senantiasa bertawakkal
kepada Nya. Wassalamualaikum wr wb.
(Fernando by Ilmi)

Komentar

nggresik mengatakan…
Wa'alaikum salam cak H. Romi

matur suwon atas kunjunganepun salam silaturahmi
H.Romi(FernandoMuhammad) mengatakan…
>Nggresik: Alhamdulillah...nyambung tali silaturrahmi, nambahi jembar rizqi ambek didawakno umure...Amin
Musafir mengatakan…
hmmm jalan ke blog ini laksana berjalan di padang pasir,susah air .. tapi kalo ketemu air,sejuknya bukan main .. akhirnya hari ini ketemu oase disini .. trims,Ki..
Fernando mengatakan…
>Mr.Musafir: hmm...sama-sama Bro...
padang pasir?...ente ini bisa aja hehehd...
~Srex~ mengatakan…
Pak Haji...
Tulisan yg ini mengingatkan betapa terbatasnya daya nalar manusia terhadap rahasia Illahi.... Hidup kita sudah disulam menurut citra yg dikehendakiNya.,janganlah kita rusak atau kita nodai benang2 sulam tersebut, agar setidak-tidaknya akan menghasilkan suatu 'karya seni' yg luar biasa indahnya dan akan memberikan suka cita dan kebahagian orang2 yg memandang, memiliki dan semua yg berada disekitarnya....
Fernando mengatakan…
>OmDokterGuruAswinto: Iya Om memang benar betapa terbatasnya nalar kita....
selalu berprasangka baik terhadap segala hal, pastilah terpancar keindahan diri dan sekitar kita
thing of beauty...
nggresik mengatakan…
menghobikan sholat.....wah cocok Cak Kaji Romi...

nyambung tali silaturrahmi, nambahi jembar rizqi ambek didawakno umure...Amin
Fernando mengatakan…
>Nggresik: hehehe...dicoba' bareng2 yo cak?!, seng penting dak sampek bosen hahahaha...
Amiin
cah bontot mengatakan…
alhamdulillah dapat nambah ilmu lagi nih dr postingan njenengan ... lemah garing lemah teles ...Gusti Allah ingkang paring ..Gusti Allah ingkang mbales ... good posting cak !
Fernando mengatakan…
>Om DR.Bontot: Alhamdulillah....Amiin, hehehe...sama-sama Om (semanten ugi) Ane juga masih "ngudi kaweruh mareng sinten ke mawon lan nopo2 mawon engkang saget dados manfa'at ndunyo lan akhirat".

-java pedia: "mencari ilmu kepada siapa saja dan apa saja yang bisa menjadi manfaat dunia dan akhirat".
(semanten ugi)=sama-sama.
Aisha mengatakan…
mau gemana lagi ya bro,Allah sendiri menyulam manusia dengan berbagai macam bentuk fikiran/kemauan dan bahkan rupa hambanya yang berbeda-beda.
Dan juga indra manusia.di sinilah kelihatan semrawutnya.
Fernando mengatakan…
>Mbak Aish : Iya mbak, memang benar hehehe....tapi hasil sulamannya indah kan?! hahaha....
Itulah perbedaan yang membawa berkah.
RanggaGoBloG mengatakan…
salam kenal... mampir mampir....
Ratusya mengatakan…
so sweet akhi :D..xixixi
bongjun mengatakan…
nah ape ane bilang,.....kan bener abis baca postingan ini ane mendadak pengen jadi orang soleh,....terima kasih kisanak.
Fernando mengatakan…
>Rangga: silahkan mampir, salam kenal juga hehehe...
>Quin: iya, kayak dikau hehehe...semoga cepat mendapat jodoh yang manis pula...Amin
>BangJ: hahahah....Ente nih bisa aja Bang hehe..btw ukuran kopiahnya kok cuma sebesar bola tenis??"6-6+1/2" hahahaha...
RanggaGoBloG mengatakan…
meninggalkan jejak akh...

hihihihihihi......
Fernando mengatakan…
>Rangga: loh kok cuma jejaknya aja hehehe....
Dream Competition mengatakan…
yub bro, indah sekali hehe
Fernando mengatakan…
>Mbak Aish: trims mbak hehehe..
~Srex~ mengatakan…
Patroli pak Haji...semua aman terkendali kan?
Anonim mengatakan…
Subhanallah..saya dapet pencerahan lagi hari ini. Padahal semalem abis misuh2.. :) makasi akhi!
Fernando mengatakan…
>OmDR.Srex: Siapp!!..Aman Ndan....
Ancur minaaaahhh hehehe...
>Chrysanti: hehehe...sama-sama sis,
trims udah berkunjung di blog ane..
nggresik mengatakan…
kulo yo gak wero critane Joyoboyo...weroku yo terminal joyoboyo nang suroboyo...hehehe spurane
Fernando de Greesse mengatakan…
hahaha...sampeyan iki isok bae...hehehe...
podo cak ison yo dak weruh hahaha...
Greessepedia: hahaha...Anda ini bisa aja...hehehe...
sama kak ane juga nggak tau hahaha...
Dream Competition mengatakan…
Bro nanya ya? kok namanya Fernando, itu aslinya sampean dari mana bro? hihi.ingin tahu aja.apa Jatim emang ada yang nama fernando?
Fernando de Greesse mengatakan…
hahahahaha.....akhirnya ada yang nanya......
Nama Asli Ane: H.Romi Mubarok AF
Tempat tinggal: Jl.Gubernur Suryo 49 Gresik - masih ada keturunan Arab tapi jauuuuuh sekali berabad-abad yang lalu...xixixi
Nama Samaran: Fernando Muhammad*
*Muhammad: Nama Almarhum anak saya
*Fernando: artikan aja sendiri xixixixi.....(pertama kali kenal sama Bang Bongjun pake nama ini jadi keterusan deh)
terserah sis dikau manggil ane apa aja,Fer,Rom,Bro,Wak Kaji,Cak,Bos,....asal yang baik2 ajah hehehe....
sedangkan dikau asalnya mana?...mulai di Arab taon berapa?...
maaf nanya lagi (karena nggak pernah dijawab)xixixixi....
RanggaGoBloG mengatakan…
waaaaaaaaah... bagus bagus mas... dengan ceritanya saya jadi lebih gampang memahaminya....

salam kenal...
Fernando de Greesse mengatakan…
>Rangga: hehehe.....Iya bro,...tapi maaf nggak bisa update rutin kayak sampeyan, belom sempet n belom ada bahan xixixi....
Dream Competition mengatakan…
Owh nama samaran.Okay deh bro ngerti-ngerti.Btw dengar-dengar ibunya lagi sakit ya? moga lekas sembuh ya bro.
Rusa Bawean™ mengatakan…
tapi kalo takdir masih bisa diubah jika kita mau mengubahnya sendiri
:)
Fernando de Greesse mengatakan…
>Aisha: maklum sis dunia maya xixixixi....
>Rusa Bawean: yup benar sekali bro....kita berusaha Allah yang menentukan....